Usaha Perekonomian Masyarakat Desa Brongkal

            Usaha merupakan kegiatan yang menyerahkan segala upaya dan tenaga. Usaha dalam konteks ini ialah bentuk mata pencaharian, baik dalam bentuk perdagangan maunpun lainnya yang berpotensi untuk berkembang.

            Taukah kalian, jika setiap desa pasti memiliki badan usaha, atau yang kita kenal yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Badan ini biasanya bertugas untuk memberdayakan pengelolaan sumber daya secara mandiri dan adaktif. Desa brongkal yang memiliki potensi sumber daya alam dalam sektor pertanian , peternakan dan wisata alam.

            Mata pencaharian utama masyarakat desa brongkal yang kebanyakan berprofesi sebagai petani dan pengepul barang bekas, tidak menghentikan semangat mereka dalam berusaha. Masyarakat desa brongkal memiliki sebuah kelompok UMKM. UMKM ialah usaha perdagangan atau wirausaha kecil yang dikelola secara perorangan. UMKM sendiri singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

            Kelompok UMKM sendiri merupakan kelompok yang tersebar di seluruh indonesia, karena kelompok UMKM merupakan salah satu penunjang perekonomian bangsa, meski dengan omset sekecil apapun.

Lalu, bagaimana dengan Kelompok UMKM di Desa Brongkal?

            Desa Brongkal sendiri memiliki beberapa kelompok UMKM yang tersebar didaerahnya, entah itu dalam sektor pertanian, pengepul barang bekas, mabel ataupun dalam bidang lainnya.